K O M P E T I S I

LOGO BARU

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAGELANG

LATAR BELAKANG

UNIMMA, Bergerak dan Mencerahkan

Lebih dari setengah abad Universitas Muhammadiyah Magelang terus berupaya dalam menyalakan lentera pendidikan di Indonesia. Menyambut Milad ke-56, ragam perubahan dan inovasi dilakukan untuk meningkatkan spirit dan branding universitas. Merk atau brand sangat penting dan berperan bagi setiap institusi. Merk adalah aset termahal dari sebuah institusi. Oleh sebab itu untuk menjaga kualitas sebuah institusi terdapat tuntutan perkembangan yang harus diikuti, termasuk permasalahan manajemen perubahan, salah satu bentuk upaya perkembangan yang dilakukan institusi adalah re-branding nama, merk produk atau jasa, serta citra. Untuk itu Universitas Muhammadiyah Magelang memutuskan untuk meningkatkan kualitas dan mencapai tujuannya dengan melakukan re-branding. Re-branding sendiri berasal dari kata Re yang berarti “kembali” dan Branding yang bermakna “penciptaan brand image” secara mendasar menuju kondisi yang lebih baik. Bentuk strategi re-branding yang dilakukan institusi menekankan tampilan visual, seperti perubahan nama, logo, dan slogan perusahaan. Merubah desain tampilan visual institusi berarti mendesain suatu perguruan tinggi agar mampu memenuhi dan memuaskan keinginan dan ekspektasi target marketnya. Re-branding yang dilakukan Universitas Muhammadiyah Magelang juga bertujuan untuk memperkenalkan akronim dan penyebutan nama baru menjadi UNIMMA. Perubahan akronim dan logo dilatarbelakangi adanya perubahan identitas kampus yang semakin maju dan dinamis. Perubahan akronim dan logo sebagai cerminan multidisiplin dari keunggulan dalam bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang berbasis pada Al Islam dan Kemuhammadiyahan yang berkemajuan dan berdaya saing global. Perlu perencanaan yang matang dalam membuat identitas yang baru karena Universitas Muhammadiyah Magelang sudah berdiri selama 56 tahun dan identitasnya sudah cukup melekat bagi masyarakat maupun internal institusi. Dengan dasar pemahaman di atas, Universitas Muhammadiyah Magelang akan menggali dan mengeksplorasi berbagai gagasan inovatif dari masyarakat untuk dapat dituangkan kedalam sebuah karya desain logo yang bertujuan untuk memperingati Milad ke 56 dan mempromosikan institusi dengan brand barunya yaitu melalui lomba desain logo UNIMMA.

SYARAT DAN KETENTUAN

  1. Untuk memperingati dan memeriahkan rangkaian acara Milad Universitas Muhammadiyah Magelang ke-56
  2. Untuk meningkatkan brand value Universitas di kalangan eksternal.
  3. Untuk mengarahkan visi dan Misi universitas.
  1. Lomba terbuka untuk Civitas Akademika Universitas Muhammadiyah Magelang, kalangan Desainer Grafis Profesional, agensi komunikasi, serta masyarakat umum yang memiliki kemampuan untuk membuat logo.
  2. Peserta tidak dipungut biaya pendaftaran.
  3. Peserta lomba perorangan adalah individu WNI yang dibuktikan dari kartu identitas resmi KTP/NIK.
  4. Peserta wajib mengisi dan menandatangani Surat Pernyataan bermaterai jika telah dinyatakan sebagai pemenang.
  5. Karya yang telah dikirim atau karya yang dinyatakan sebagai pemenang akan menjadi hak milik UNIMMA dan UNIMMA berhak melakukan penyesuaian/ revisi/ perubahan/ modifikasi atas karya            tersebut, baik dengan cara melibatkan pembuat karya atau pihak lain yang dinilai UNIMMA bisa membuat karya tersebut menjadi lebih baik tanpa adanya kewajiban memberikan royalty kepada          pemenang atau peserta.
  6. Jika terjadi kesamaan dan kemiripan karya, maka keputusan pemenang merupakan hak UNIMMA dan dewan juri.
  7. Setiap peserta bisa mengirimkan lebih dari satu karya, maksimal 3 (tiga) karya
  8. Karya yang diterima harus lengkap mengikuti persyaratan yang sudah ditetapkan, apabila tidak memenuhi syarat, karya akan didiskualifikasi dan tidak diikutsertakan dalam penilaian.
  9. Pajak hadiah lomba ditanggung oleh pemenang, sesuai peraturan yang berlaku.
  1. Logo yang diikutkan lomba haruslah logo yang orisinil.
  2. Setiap karya lomba logo harus mencerminkan/ memuat/ mengandung gagasan perencanaan sesuai pada latar belakang.
  3. Teks “UNIMMA” harus menjadi elemen utama logo dilengkapi dengan kepanjangannya, yaitu “Universitas Muhammadiyah Magelang”.
  4. Desain boleh satu warna maupun lebih dari satu warna dengan warna utama biru.
  5. Karya tidak mengandung merk, logo, ciptaan yang dilindungi hak cipta atau HAKI dalam bentuk apapun, milik pihak lain.
  6. Jika menggunakan FONT yang berlisensi, menjadi tanggung jawab desainer. 

a. Melampirkan file scan KTP dan Kontak yang dapat dihubungi.
b. Peserta dapat mengirimkan sebanyak-banyaknya 3 (tiga) desain logo.
c. Desain harus disertai deskripsi konsep desain yang diketik di kertas A4, 1 spasi
d. Karya logo diunggah di alamat email yang sudah ditentukan dalam bentuk rar. Isi berkas adalah ::
1) File Vektor berupa CDR/AI dengan penamaan:
Vektor_(Nama Peserta)_(Kota).(ekstensi file)
Contoh: Diana Putri_Magelang.cdr
2) File Bitmap berupa JPEG beresolusi minimal 300 dpi dengan penamaan:
Bitmap_(Nama Peserta)_(Kota).(ekstensi file)
Contoh: Bitmap_ Diana Putri_Magelang.Jpeg
3) File Deskripsi berupa PDF dengan ketentuan: Penamaan file: Deskripsi_(Nama Peserta)_(Kota).(ekstensi file)
Contoh: Deskripsi_ Diana Putri_Magelang.pdf
4) Logo berwarna dengan latar putih.
5) Logo dengan latar warna gelap.
6) Logo hitam putih/ greyscale.
7) Contoh/ mockup aplikasi logo pada paling tidak 3 (tiga) diantara pilihan medium berikut: kartu nama, kaos (dasar putih), kop surat, mobil/ kendaraan, atau aplikasi lainnya.
8) Semua font sudah diubah dalam bentuk vektor.
9) Urutan halaman sebagai berikut:
a) Hal 1 : Logo Berwarna, sertakan juga jenis dan nilai Pantone/ PMS
b) Hal 2 : Logo Hitam Putih
c) Hal 3&4 : Contoh-contoh aplikasi logo
d) Hal 5 : Biografi peserta
e. Melampirkan surat pernyataan keaslian desain yang ditandatangani di atas meterai Rp.6000,-.  
f. Semua dokumen dikirimkan di email [email protected]
g. Upload di Instagram dengan cara:
1) follow akun @ummagelang.official
2) Tandai akun @ummagelang.official
3) Berikan hastag #miladunimma56 #logounimma #logokontes
h. Like konten lomba desain logo di IG @ummagelang.official, komen dan tag 3 teman di postingan.

  1. Originalitas karya
  2. Kesesuaian dengan Visi dan Misi Universitas Muhammadiyah Magelang
  3. Estetika
  4. Value dan kesesuaian dengan brand image Universitas Muhammadiyah Magelang
  5. Pengaplikasian logo pada berbagai media
  6. Logo harus masih tampak jelas jika diperkecil hingga 2 cm x 2 cm.

No.

Kegiatan

Waktu

1

Pendaftaran dan pengiriman desain logo

2 Juli – 20 Agustus 2020

2

Penutupan pendaftaran/ batas akhir pengiriman logo

20 Agustus 2020

3

PENGUMUMAN PEMENANG

Puncak milad 31 Agustus 2020