Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) menyelenggarakan Masa Ta’aruf (Masta) bagi mahasiswa baru Tahun Akademik 2024/2025. Dengan tema “Be a STAR: Success, Teamwork, Action, Responsibility”, acara berlangsung selama empat hari di Auditorium Kampus 1 pada Selasa sampai dengan Jumat mendatang (17-20/9).

Dimas Sasongko, S.Kom., M. Eng, Ketua Panitia Masta menjelaskan, tema yang dipilih sebagai bentuk harapan agar mahasiswa UNIMMA menjadi pribadi yang bermanfaat bagi sesama, menghargai perbedaan, bertindak dengan berani dan percaya diri, serta bertanggung jawab. “Be a Star, itu memiliki filosofi bahwa mahasiswa UNIMMA dapat menjadi pribadi yang kehadirannya bermanfaat bagi lingkungan, bertoleransi di tengah lingkungan yang heterogen, percaya diri, dan bisa bertanggung jawab atas tindakannya,” paparnya.

Lebih lanjut, Dimas mengatakan dalam rangkaian acara di hari pertama dan kedua akan disampaikan beberapa materi mengenai isu yang dekat dengan generasi muda saat ini. “Materi yang disampaikan pada Masta kali ini yang dekat dengan isu generasi muda, seperti mental health, literasi keuangan, integrasi akademik, dan pelecehan dan kekerasan sesksual,” jelasnya.

Sementara itu, Dr. Lilik Andriyani, M.Si, Rektor UNIMMA secara resmi membuka kegiatan Masta UNIMMA 2024. Dalam sambutannya, Rektor menegaskan UNIMMA akan mendukung mahasiswa untuk berkembang dengan menciptakan lingkungan akademik yang kondusif serta fasilitas sarana prasarana yang memadai. “UNIMMA bertekad untuk menyediakan lingkungan belajar yang mendukung, fasilitas yang memadai, dan kesempatan yang luas bagi setiap mahasiswa untuk berkembang,” ujarnya.

Adapun di hari ketiga dan keempat, mahasiswa baru akan dikenalkan dengan Organisasi Mahasiswa (Ormawa) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di lingkungan UNIMMA. Seluruh rangkaian Masta ditutup dengan penampilan UKM dan beberapa bintang tamu diantaranya Koplo Rawcun dan Sinergi.