Memberikan pelayanan yang terbaik bagi mahasiswa dan stakeholder merupakan harapan yang ingin dicapai oleh FKIP UM Magelang. Untuk tujuan itulah, FKIP UM Magelang mengadakan Workshop Pelayanan Prima selama dua hari, Selasa dan Rabu (15-16/08).
Ketua panitia kegiatan Khusnul Laili, M.Pd mengatakan, workshop diikuti oleh 38 peserta terdiri dari dosen dan tenaga kependidkan (tendik) di lingkungan FKIP UM MAGelang. “Kegiatan yang diadakan di Ruang Sidang FKIP itu menghadirkan motivator Fuzna Marzuqoh SH.Hc dan dosen FH UAD Gatot Sugiharto, SH,M.H., “ kata Khusnul.
Dalam motivasinya, Fuzna Marzuqoh antara lain menyampaikan, poin terpenting dalam pelayanan adalah senyum. “Dalam memberikan pelayanan yang terbaik, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan banyak senyum,” ungkapnya. Selain itu ia juga membahas mengenai penampilan seseorang sebagai sosok figur yang melayani customer. Khusnul menambahkan, negara Jepang memiliki alat untuk mendeteksi senyuman. “Jadi, di Jepang orang akan dihadapkan pada alat pendeteksi tersebut, dan apabila senyumnya kurang mencukupi syarat, maka tidak diperbolehkan untuk bekerja,” kata Fuzna.
Dikemukakan lebih lanjut, ada beberapa yang harus dimiliki untuk menciptakan pelayanan prima. Poin pertama yaitu harus melayani dengan sepenuh hati. “Jangan ada beban di hati ketika melayani seseorang,” tandasnya. Poin kedua yaitu penampilan luar juga harus menunjang pelayanan. Setelah itu, poin yang terakhir yang harus dimiliki yaitu kemampuan pelayanan yang luar biasa (Service Excelence). “Kita harus memiliki pelayanan yang menimbulkan kesan tidak mudah dilupakan,” ujar wanita yang sering mengisi motivasi di berbagai tempat itu.
Setelah mengikuti workhsop seharian, esok harinya yakni Rabu (16/8) seluruh peserta mengikuti kegiatan outdoor yakni rafting di Sungai Elo. Selain sebagai ajang refreshing, kegiatan rafting juga dijadikan sebagai ajang melatih kerjasama tim dalam satu boat agar dapat mencapai tujuan bersama. (Humas)