Irham Nugroho, M.Pd.I, dosen Program Studi (prodi) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA), berhasil meraih gelar Doktor di bidang Pendidikan Dasar dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Dalam sidang promosi doktor yang dilaksanakan pada Selasa (5/8), Irham memaparkan disertasinya yang berjudul “Pengembangan Sistem Penilaian Keterampilan Proses Sains Berbasis HOTS di SD Dalam Mendukung Revolusi Industri 4.0”.
Dipromotori oleh Prof. Dr. Insih Wilujeng, M.Pd dan Pujaningsih, Ed.D, riset tersebut menghasilkan inovasi sistem digital sipinterHOTS (https://sipinterHOTS.id/), sebuah sistem penilaian berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang dirancang khusus untuk Sekolah Dasar (SD). Sistem ini mendukung Kurikulum Merdeka melalui asesmen autentik yang fokus pada pengembangan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa. “Sistem ini bukan hanya layak dan praktis, tapi juga terbukti efektif berdasarkan data empiris. Penerapannya mampu meningkatkan kualitas asesmen sains di SD secara signifikan, baik dalam penilaian formatif maupun sumatif,” ujarnya.
Sebagai langkah tindak lanjut, Irham menyampaikan bahwa sistem sipinterHOTS ke depan akan dikembangkan ke versi mobile dan terintegrasi dengan modul pembelajaran pendamping agar lebih fleksibel digunakan dalam berbagai konteks sekolah.
Sementara itu, Rektor UNIMMA, Dr. Lilik Andriyani, SE., MSI mengapresiasi capaian tersebut sebagai bagian dari komitmen universitas dalam mengembangkan dosen yang unggul dan inovatif. “Kami bangga atas capaian Doktor Irham Nugroho. Inovasi sistem yang dikembangkan beliau menunjukkan komitmen UNIMMA dalam mendukung transformasi pendidikan dasar yang adaptif terhadap tantangan abad ke-21 dan Revolusi Industri 4.0,” tuturnya.
Rektor juga menekankan pentingnya diseminasi hasil riset ini ke sekolah-sekolah mitra serta dukungan UNIMMA dalam mengembangkan platform digital pendidikan yang inklusif dan berkelanjutan.
Dengan bertambahnya dosen bergelar doktor, UNIMMA terus memperkuat posisi sebagai perguruan tinggi yang unggul dalam pendidikan dan penelitian, khususnya dalam pengembangan inovasi digital berbasis kebutuhan di lapangan.