Proposal Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Penelitian (PKM-P) berjudul Analisis Ketertarikan Mahasiswa dalam Memulai Karir menjadi Marketing Profesional yang diusulkan oleh Aris Listianto, Dimas Tri Prasetya, serta Dila Ratnasari Catur Putri menrupakan salah satu proposal PKM UMMagelang yang berhasil lolos dan didanai Kemenristek Dikti tahun 2018.
Dalam penelitiannya, Aris dan kedua temannya mengungkapkan bahwa mahasiswa manajemen termotivasi oleh anggapan bahwa di masa mendatang mereka mempunyai peluang lowongan kerja yang besar karena banyak dicari oleh organisasi maupun perusahaan, khususnya di Indonesia. “Anggapan sejumlah sarjana manajemen bekerja sebagai marketing menjadi dikesampingkan, padahal marketing merupakan ujung tombak perusahaan agar produk atau jasanya dapat terinformasikan oleh para konsumen,” ujar Aris.
Dengan dibimbing oleh Nur Laila Yuliani M.Sc, penelitian ini dilakukan untuk membuktikan keefektifan penjurusan pada Program Studi Manajemen terhadap minat mahasiswa dalam pemilihan karir sebagai Marketing Profesional. Dengan menggunakan populasi mahasiswa Prodi Manajemen FEB UMMagelang, sampel yang digunakan adalah dengan metode purposive sampling dengan kriteria mahasiswa Manajemen semester 5 dan 7 serta sudah menempuh mata kuliah manajemen pemasaran.
Penelitian ini, lanjut Aris, menggunakan Metoda Analisis Data berupa Uji Statistik Deskriptif , Uji Kualitas Data, Uji Regresi Linier Berganda, serta Uji Hipotesis. Hasil penelitian memberikan bukti empiris adanya pengaruh dari manajemen risiko, self-efficacy, motivasi, locus of control, lingkungan sosial dan budaya serta lingkungan teknologi. “Disamping itu, penelitian ini juga memberikan bukti empiris dan ilmu baru mengenai adanya program penjurusan marketing yang akan perpengaruh terhadap minat pemilihan karir sebagai Marketing Profesional,” kata Aris.
Ia mengungkapkan bahwa hasil penelitian tersebut dapat dijadikan bahan evaluasi bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Studi S1 Manajemen dalam efektivitas penjurusan marketing guna meningkatkan minat mahasiswa untuk memulai karir pada marketing. Selain itu juga bagi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMMagelang dalam efektivitas penjurusan marketing guna meningkatkan minat mahasiswa untuk memulai karir pada marketing.
HUMAS