Program Studi Ilmu Komunikasi (Ilkom) Fakultas Psikologi dan Humaniora (FPH) Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) menjadi tuan rumah kegiatan Pinasthika Roadshow 2025. Acara dilaksanakan pada Kamis (16/10) di Auditorium Kampus 1 UNIMMA.
Mengusung tema “Beat the Heat”, roadshow ini menghadirkan berbagai sesi inspiratif dan sharing dengan pelaku industri kreatif nasional. Mahasiswa Ilkom UNIMMA berkesempatan mendapat banyak wawasan baru tentang tren, strategi, dan peluang di dunia industri kreatif yang terus berkembang.
Wakil Dekan FPH, Dwi Susanti, S.I.Kom., M.A mengatakan, Pinasthika sendiri merupakan ajang kompetisi dan penghargaan bergengsi di bidang komunikasi, advertising dan desain yang telah berjalan lebih dari dua dekade. “Melalui Pinasthika Creative Festival, ajang ini menjadi wadah bagi mahasiswa, profesional, dan komunitas kreatif untuk berkompetisi dan berkolaborasi dalam berbagai kategori lomba,” ujarnya.
Santi menjelaskan bahwa Ilkom UNIMMA dipilih menjadi salah satu kampus dalam agenda roadshow karena memiliki rekam jejak prestasi di ajang Pinasthika sebelumnya. “Di tahun lalu, Ilkom UNIMMA berhasil menembus lima besar dari 700 karya yang dikirimkan se-Indonesia, serta salah satu dosennya meraih penghargaan Content Creator Award,” ujarnya.
Ia juga menyampaikan apresiasi atas terpilihnya UNIMMA kembali menjadi mitra Pinasthika. “Tahun ini merupakan kali kedua UNIMMA dipercaya menjadi lokasi roadshow Pinasthika. Prestasi tahun lalu menjadi motivasi bagi kami untuk terus mendorong kreativitas mahasiswa Ilkom agar mampu bersaing di kancah nasional,” ungkapnya.
Lebih lanjut, Santi berharap kegiatan tersebut menjadi momentum bagi mahasiswa untuk menyiapkan karya terbaiknya dan memperluas jejaring dengan pelaku industri. “Harapannya, lebih banyak mahasiswa Ilkom UNIMMA yang bisa lolos dan berprestasi di berbagai kategori lomba Pinasthika tahun ini. Kegiatan seperti ini sangat penting untuk membuka wawasan dan mengasah kemampuan mahasiswa di bidang industri kreatif,” tambahnya.
Dengan terselenggaranya kegiatan tersebut, menjadi ajang kolaborasi antara kampus dan dunia industri, sejalan dengan komitmen UNIMMA untuk menghadirkan pembelajaran yang adaptif, relevan, dan berorientasi pada pengembangan kompetensi mahasiswa di era digital.