Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) bekerjasama dengan Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kota Magelang mengadakan Workshop Kepariwisataan 2022. Acara digelar pada Senin-Selasa (31/10-1/11) di Gedung Wanita Kota Magelang dan diikuti oleh 125 peserta dari Kelurahan Magersari, Kota Magelang.

Adapun yang melatarbelakangi diselenggarakannya acara tersebut adalah agar terjalin kerjasama antara Disporapar Kota Magelang dengan UNIMMA dalam hal pengembangan sumber daya manusia dan kelembagaan pengabdian kepada masyarakat. Diungkapkan oleh Riana Devy Wahyu SE M.Ec, Dev MIDS, Kepala Bidang Kepariwisataan, Disporapar bahwa workshop bertujuan untuk mengembangkan potensi wisata Magersari. “Jadi tujuannya adalah untuk pendampingan pengembangan potensi wisata dan meningkatkan motivasi dan minat warga, terutama di Kelurahan Magersari,” ungkapnya.

Sejumlah tema workshop dipaparkan oleh para pakar yang merupakan dosen di lingkungan UNIMMA. Di hari pertama, diberikan materi Achieve Motivation Training oleh Oesman Raliby Al Manan, ST., M.Eng, Dosen Fakultas Teknik UNIMMA dan materi tentang Identifikasi dan Pemetaan Potensi dan Kendala Pariwisata oleh Dr. Rochiyati Murniningsih, SE., MP, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNIMMA. Sementara itu, di hari kedua dipaparkan materi Kewirausahaan di Bidang Pariwisata oleh Dra. Marlina Kurnia, MM, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNIMMA serta materi Pengembangan Kampung Wisata oleh Pramono selaku pengelola Desa Wisata Mangli Kaliangkrik.

Dr. Retno Rusdjijati, M.Kes, Ketua LPPM UNIMMA berharap kerjasama kedua belah pihak akan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia di sektor pariwisata. “Harapanya dengan kerjasama ini dapat meningkatan kapasitas dalam hal sumber daya manusia dalam hal pariwisata yang nantinya berimplikasi pada peningkatan ekonomi masyarakat,” tuturnya.

Dijelaskan Dr. Retno, UNIMMA turut andil untuk mendampingi 3 kelurahan yaitu Magersari, Tidar Utara, dan Tidar Selatan. “Dalam kegiatan tersebut, dilibatkan para dosen dari UNIMMA sebagai narasumber. Hal ini juga menjadi ajang bagi para dosen untuk melaksanakan kegiatan abdimas,” jelasnya.