Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) menggelar Wisuda dan Angkat Sumpah Profesi Ners, Keperawatan D3 dan Farmasi D3. Acara dilaksanakan di Auditorium Kampus 1 pada Sabtu (28/9).

Dr. Heni Setyo Esti Rahayu, M. Kes, Dekan Fikes UNIMMA dalam laporan akademiknya mengatakan acara diikuti oleh 103 wisudawan yang terdiri dari 34 peserta prodi D3 Keperawatan, 43 peserta prodi Profesi Ners dan 26 peserta prodi D3 Farmasi. “Semoga alumni ini menjadi nakes (tenaga kesehatan) yang islami, inovatif dan unggul sebagaimana visi yang sudah ditetapkan oleh Fakultas Ilmu Kesehatan UNIMMA,” ujarnya.

Dekan juga berharap, lulusannya menjadi nakes yang profesional di bidangnya dan selalu memegang kode etik profesi sehingga sukses dalam menjalankan karir ke depannya.

Sementara itu, Haris Kintoko, Amd. Farm, S.Th.I, Ketua Pimpinan Daerah Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Jawa Tengah dalam sambutannya menyampaikan, prosesi wisuda bukanlah akhir dari pembelajaran, begitu pun dengan pengambilan sumpah. “Tentu pengambilan sumpah ini bukan hanya persyaratan administratif, dimana sebagai nakes harus disumpah untuk mendapat STR (Surat Tanda Registrasi). Tapi sumpah ini juga menjadi bagian dari persoalan teologis, dimana anda semua mempunyai tanggung jawab yang besar. Bahwa kalian semua nantinya akan dituntut keikhlasannya dan pengabdiannya untuk kepentingan kemanusiaan. Karena yang kita garap bukan benda mati tapi yang dilayani adalah manusia,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, hadir pula DPW PPNI Jawa Tengah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Magelang, Rumah Sakit mitra, Puskesmas, serta Apotek mitra.