Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM-RE) dari Program Studi Mesin Otomotif, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA), berhasil lolos ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-37 yang digelar di Universitas Airlangga, Surabaya pada 14-19 Oktober mendatang.

Di bawah bimbingan Dr. Suroto Munahar, MT, tim yang diketuai oleh Ari Waryono bersama anggota Muhamat Irham dan Reza Nevlyn Saputra, mengembangkan inovasi berjudul ‘Eksperimental Pemanfaatan Perubahan Fasa Liquified Petroleum Gas (LPG) sebagai Intercooler untuk Meningkatkan Performa Kendaraan Berbahan Bakar Gas’. Inovasi ini memanfaatkan potensi energi yang selama ini terbuang percuma pada kendaraan berbahan bakar LPG, yaitu energi dingin akibat perubahan fase. Dengan mendinginkan udara masuk ke ruang mesin, diharapkan dapat meningkatkan densitas udara dan pada akhirnya meningkatkan performa mesin.

Ari Waryono, ketua tim, mengungkapkan bahwa persiapan menuju PIMNAS 37 telah dilakukan secara intensif, termasuk latihan presentasi dan public speaking. Ia juga berpesan kepada mahasiswa lain untuk selalu haus akan ilmu pengetahuan. “Niat kuliah itu mencari ilmu, jadi tanamkan sikap haus akan ilmu pengetahuan. Otomatis kita akan semakin penasaran dan tertantang untuk belajar hal-hal baru,” ujarnya.

Rektor UNIMMA, Dr. Lilik Andriyani, SE., MSI, memberikan apresiasi atas prestasi yang diraih oleh tim PKM-RE. “Ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi UNIMMA. Dari 11 proposal yang diajukan, satu tim berhasil lolos ke PIMNAS. Ini menunjukkan kualitas dan semangat inovasi mahasiswa UNIMMA,” ungkapnya.