UM Magelang kembali menorehkan prestasi dalam perolehan hibah pendanaan proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Sebanyak 41 dari 411 proposal PKM yang diajukan berhasil mendapatkan pendanaan dari Kemenristek Dikti Tahun 2018. Jumlah  tersebut meningkat dari tahun sebelumnya  dimana UM Magelang berhasil meloloskan 28 proposal dari 304 proposal yang dikirim.

Dari lampiran laman yang dirilis oleh Kemenristek  Dikti  Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) tentang Penugasan Program Kreativitas Mahasiswa 5 Bidang Tahun 2018,  jumlah proposal yang didanai Kemenristek Dikti Tahun 2018  menempatkan UM Magelang pada rangking ke-2 PTM se-Indonesia, rangking ke-2 PTS di wilayah Kopertis VI Jawa Tengah, rangking ke-3 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se-Indonesia. Disamping itu UM Magelang menempati  rangking ke-24 dari 430 PTN dan PTS se-Indonesia yang proposal PKM-nya didanai Kemenristek Dikti Tahun 2018.

Kelima bidang yang didanai Dikti yakni PKM Penelitian Eksakta (PKMPE), PKM Kewirausahaan (PKMK),  PKM Pengabdian Masyarakat (PKMM),  PKM Karsa Cipta (PKMKC) serta  PKM Penelitian Sosial Humaniora (PKMPSH). Selain itu juga terdapat  PKM Teknologi (PKMT)

Adapun ke-41 proposal mahasiswa UM Magelang  yang  lolos terdiri dari 2 PKMPE, 4 PKMK,  5 PKMM,   12 PKMKC, 15 PKMPSH, serta 3  PKMT. Ke-41 proposal tersebut   berasal dari  Fikes dengan 11 proposal,  Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, dan FKIP masing-masing 8 proposal, serta 6 proposal dari Fakultas Agama Islam.

Disamping itu, dua  proposal mahasiswa UM Magelang juga berhasil didanai Kemenristek Dikti melalui Program Hibah Bina Desa (PHBD) Tahap 1 Tahun 2018. Kedua proposal tersebut diajukan oleh  Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi dan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Komisariat Ekonomi.

Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan Drs Mujahiddun M.Pd mengatakan,  peningkatan signifikan jumlah proposal serta yang berhasil lolos dari tahun ke tahun tidak terlepas dari komitmen UM sebagai perguruan tinggi berpredikat Klaster Utama Bidang Penelitian. Selain itu juga merupakan prestasi mahasiswa UM Magelang yang mulai  meningkatkan minat di bidang penulisan karya ilmiah.

Rektor UM Magelang, Ir. Eko Muh Widodo MT menyatakan puas dan bersyukur atas  capaian yang telah  dilakukan oleh para mahasiswa UM Magelang. Saat ini UM Magelang tengah menggalakkan kegiatan yang bersifat pengembangan minat bakat di bidang penulisan karya ilmiah.  “Dengan dibimbing oleh dosen yang qualified,  jumlah proposal yang lolos dapat terus meningkat dari tahun ke tahun. Tidak hanya  dari segi kuantitas,  UM Magelang juga berusaha untuk kembali mendapatkan medali  emas di PIMNAS seperti yang telah diperoleh sebelumnya,”   tandas Rektor.

 

HUMAS