Menurut data dari pelayanan medis Rumah Sakit dr. Soedjono Magelang, didapatkan bahwa data kejadian diare pada anak masih cukup tinggi, yaitu sebanyak 439 pasien dari bulan Januari sampai Desember 2016. Data dari hasil penelitian yang telah dilakukan Wardani (2016) tentang peran perawat dalam tatalaksana diare akut pada anak, menunjukan bahwa perawat di bangsal anak RS Dr. Soedjono Magelang belum melaksanakan perannya dengan optimal. Hal itu ditunjukan dengan adanya kelemahan yang didapatkan dari tatalaksana diare yang sudah dilakukan perawat di bangsal anak.

Keprihatinan tersebut mendorong dua dosen S1 Keperawatan Fikes UM Magelang untuk melakukan Program Kemitraan Universitas (PKU) bagi Perawat Rumah Sakit dr. Soedjono Magelang dalam Pemberian Asuhan Keperawatan pada Anak Diare. Keduanya adalah Ns. Septi Wardani, M.Kep dan  Ns. Reni Mareta, M.Kep.

Septi mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan perawat tentang peran perawat dalam asuhan keperawatan anak diare serta untuk meningkatkan peran perawat dalam pemberian asuhan keperawatan anak diare. Disamping itu juga agar diadakannya Kegiatan Pelatihan Diare (KPD) pada ruang anak.

Septi menambahkan, sebanyak 18 perawat yang berasal dari tujuh  ruangan di RS dr. Soedjono Magelang mengikuti kegiatan yang diadakan dari bulan Agustus hingga November tersebut. “Kegiatan yang dilakukan  yakni pre test, sosailsisasi berupa penyampaian hasil penelitian yang dilakukan sebelumnya, pemberian pelatihan kepada perawat anak tentang peran perawat dalam pemberian asuhan keperawatan pada anak diare dengan menerapkan LINTAS diare, serta  Praktek pengkajian diare dan penilaian derajad dehidrasi.

Disamping itu peserta juga mengikuti  Post test untuk mengetahui hasil kegitan tersebut,” imbuh Septi. Dari hasil post tes diketahui bahwa pengetahuan perawat tentang peran perawat dalam asuhan keperawatan anak diare mengalami peningkatan sebanyak 77,78%.

Selain itu Septi dan Reni juga mengadakan Pengadaan Kegiatan Pelatihan Diare (KPD) di ruang anak , Pendampingan perawat anak dalam memberikan asuhan keperawatan pada anak diare, Evaluasi penerapan lintas diare pada pemberian asuhan keperawatan anak diare.

Metode yang digunakan dengan memberikan pelatihan dan melakukan pendampingan perawat anak  dalam pemberian asuhan keperawatan pada anak diare dengan menerapkan lima langkah tuntaskan diare (LINTAS diare).

HUMAS