Setelah melaksanakan Masa Ta’aruf Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (Masta PKK-Maba) tahun akademik 2020/2021 gelombang pertama, Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) kembali mengadakan Masta PKK-Maba gelombang dua pada Sabtu-Minggu (10-11/10). Kegiatan dilaksanakan secara daring dengan mengangkat tema “Muda Berkarya Mencerahkan Bangsa” yang diikuti 612 mahasiswa baru.

Rangkaian acara dibuka oleh Rektor UNIMMA, Dr. Suliswiyadi, M.Ag yang dalam sambutannya berpesan kepada seluruh mahasiswa baru agar mengikuti Masta PKK-Maba dengan antusias dan semangat serta meningkatkan kreatifitas. “Kampus memberikan fasilitas untuk mengembangkan kreatifitas mahasiswa meskipun dalam keterbatasan karena pandemi. Dalam mendukung Program Kampus Merdeka-Merdeka Belajar, kemandirian menjadi hal penting untuk kita semua, kita harus bisa mandiri dalam belajar. Terlebih generasi milenial, generasi yang akrab dengan gadget dan media sosial,” ujar Rektor.

Rektor juga berharap mahasiswa menyiapkan diri dalam mengikuti perkuliahan daring selama pandemi. “Kita optimis para mahasiswa dapat melalui masa-masa sulit ini dan kampus saat ini telah mengembangkan Learning Management System (LMS) dengan platform MOCA (My Online Class) untuk mendukung kegiatan belajar mengajar di tengah pandemi Covid-19 ini,” tambah Rektor.

Pada kesempatan tersebut, Muhdiyanto, SE., M.Si, Ketua Panitia menyampaikan Masta PKK-Maba tahun ini merupakan sebuah wahana untuk memantapkan mahasiswa menjadi yang lebih mandiri dan dapat mengenal kehidupan kampus sehingga menunjang kerberhasilan mahasiswa dalam menyelesaikan studi di UNIMMA. “Untuk mencapai target tersebut, dalam rangkaian kegiatan PKK-Maba Gelombang 2 kali ini menyelenggarakan Kuliah Umum yang diisi oleh Direktur Pendidikan Akademi Militer, Brigjen TNI Yudi Yulistiyanto, MA dengan materi Kesadaran Bela Negara dan Kehidupan Berbangsa-Bernegara dan Gerakan Nasional Revolusi Mental, kemudian dilanjutkan dengan materi Sistem Perguruan Tinggi di Indonesia dan di Era New Normal yang diisi oleh Wakil Sekretaris Majlis Dikti, Dr. Syamsudin, M.Ag. Dan kuliah umum ditutup oleh Muhammadiyah Disaster Management Centre (MDMC) PP Muhammadiyah, H. Budi Setiawan, S.T. dengan materi Kesadaran Lingkungan Hidup dan Kesiapsiagaan Bencana di Perguruan Tinggi,” jelasnya.

Usai agenda Kuliah Umum, agenda dilanjutkan dengan mengenal kampus lebih dalam melalui pengenalan biro, lembaga dan unit di lingkungan UNIMMA agar mahasiswa memahami sistem pelayanan dan segala fasilitas yang disediakan.

Pada hari kedua, PKK-Maba dilanjutkan dengan fokus agenda pengenalan mahasiswa kepada Lembaga Tinggi Mahasiswa UNIMMA (IMM, DPM, dan BEM) dan 13 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang nantinya dapat diikuti oleh mahasiswa baru untuk mengembangkan pengalaman organisasi serta prestasi baik akademik maupun non akademik. Dalam sesi tersebut, dibuka dialog interaktif tentang pengenalan organisasi melalui Live Youtube.

Rangkaian Masta PKK-Maba diakhiri dengan Fakultair di masing-masing fakultas pada Senin (12/10) mendatang.

Share This

Share this post with your friends!

Share This

Share this post with your friends!