Dalam rangka melepas mahasiswa peserta program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) melalui Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Mahasiswa (LP2Ma) mengadakan Pagelaran MBKM UNIMMA dengan tema “Bersama, Bergerak, Bermakna”. Tema tersebut menggambarkan kebersamaan yang menjadi kekuatan untuk bergerak menuju Kampus Merdeka dengan spirit kebermaknaan dalam setiap proses belajar di UNIMMA. Acara berlangsung di Auditorium Kampus 1 UNIMMA dan disiarkan melalui ruang temu virtual pada Selasa (11/1).

Pagelaran MBKM UNIMMA menampilkan berbagai karya seni dari 22 mahasiswa inbound, 24 mahasiswa outbond, 6 mahasiswa Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) dan 46 mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 2. Turut bergabung secara daring, Plt. Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemendikbudristek, Dr. Ir. Kiki Yuliati, M.Sc, Ketua Sub Pokja Kampus Mengajar, Dr. Wagiran, M.Pd, Wakil Ketua Sub Pokja Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Prof. Dr. Andi Ilham Makhmud, Ketua Tim Sub Pokja Microdential Kemendikbud Ristek, Nurhadi Irbath, ST. CEC., LCC dan wali mahasiswa peserta program MBKM.

Wakil Rektor I UNIMMA, Puguh Widiyanto, M.Kep, yang merupakan PIC program MBKM, dalam laporannya menyampaikan bahwa UNIMMA telah mengimplementasikan kebijakan MBKM sejak awal tahun 2020 dengan beberapa rangkaian kegiatan. Diantaranya, merumuskan kebijakan tentang MBKM, menyiapkan perangkat pembelajaran melalui pemutakhiran kurikulum, petunjuk teknis yang memuat implementasi MBKM, serta menyiapkan aktifitas implementasi dengan melakukan kerja sama dengan mitra.

Dijelaskan, setidaknya 23 mitra usaha, industri, pemerintah, dan lembaga berhasil digandeng UNIMMA untuk menerapkan MBKM. Adapun mahasiswa yang tergabung dalam kegiatan MBKM adalah 485 peserta, jika ditotal dari seluruh mahasiswa UNIMMA, keterlibatan tersebut mencapai mencapai 12%. “Akhirnya kegiatan closing MBKM 2021 bisa dilaksanakan dengan menampilkan kegiatan melalui acara yg kami namakan Pagelaran MBKM UNIMMA. Selanjutnya, untuk 2022 kita bisa meraih beberapa kegiatan hibah yang akan diluncurkan Kementerian dan kita bersiap untuk melakukan kegiatan secara swadaya,” tutur Puguh.

Sementara itu, Dr. Kiki memberikan apresiasi kepada UNIMMA yang telah mengimplementasikan MBKM. “Pagelaran yang diadakan Universitas Muhammadiyah Magelang ini merupakan salah satu  bentuk dukungan yang besar terhadap kebijakan dari Kemenristek Dikti dalam upaya membentuk mahasiswa dalam menghadapi tantangan dunia sesuai tantangan pendidikan,” ujarnya.

Pagelaran MBKM UNIMMA dimeriahkan dengan pemutaran video kegiatan program MBKM di UNIMMA, pementasan drama, tarian medley daerah, musikalisasi tembang dolanan serta penampilan spesial dari Rektor dan Wakil Rektor UNIMMA.

Share This

Share this post with your friends!

Share This

Share this post with your friends!

Klik disini!