Program Studi (prodi) S1 Teknik informatika, Fakultas Teknik (FT) Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) menyelenggarakan Predoctoral Bootcamp pada Kamis-Jumat (16-17/12) lalu di Grand Artos Hotel & Convention Magelang. Kegiatan tersebut bekerja sama dengan Aptikom (Asosiasi Perguruan Tinggi Komputer) Jawa Tengah dan diikuti oleh 35 peserta baik internal maupun eksternal yang sudah mempersiapkan konsep penelitian.

Disebutkan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk mempersiapkan calon-calon mahasiswa yang akan menempuh jenjang studi doktoral (S3) baik dalam negeri maupun di luar negeri untuk menyusun proposal penelitian doktoral. Selain itu juga untuk membekali dosen dengan kemampuan research methodology dan scientific writing yang kuat beserta research trend & isu terkini.

Yun Arifatul Fathimah, Ph.D, Dekan FT UNIMMA berharap kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut dapat menjadi akselerator bagi dosen-dosen yang ingin melanjutkan studi S3. “Saya berharap selesai acara ini, dosen-dosen dan yang hadir di sini bisa mendapatkan banyak tambahan insight untuk menulis rencana penelitian untuk jenjang S3-nya, dan tentunya bisa memberikan impact positive bagi semuanya,” kata Dekan FT.

Dalam pembukaan kegiatan, turut hadir Zaenal Abidin, S.Si., M.Sc., PhD, Ketua Aptikom Jateng. Menurutnya, kegiatan tersebut sangat positif dan luar biasa. “Karena dulu sewaktu saya S3, belum ada kegiatan semacam ini. Harapannya, agenda ini nantinya akan menetaskan ide-ide dan gagasan baru yang dapat dituangkan dalam proposal yang nantinya diangkat dalam disertasi dan bisa dilanjutkan pada penelitian disertasi,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor UNIMMA, Dr. Lilik Adriyani, S.E., M.SI dalam sambutannya memberikan apresiasi bagi penyelenggara Predoctoral Bootcamp. “Ini merupakan sesuatu yang kami nantikan, terutama untuk memecahkan masalah-masalah baik di lingkungan UNIMMA maupun seluruh Indonesia bahwa doktor di bidang informatika masih sangat dibutuhkan,” tuturnya.

Lima narasumber dan fasilitator dihadirkan dalam acara tersebut, ialah Prof. Dr. Ema Utami, S.Si., M.Kom., Prof. Dr. Suryono, S.si., M.Si., Ir. Paulus Insap Santoso, M.Sc., Ph.D, Zaenal Abidin, S.Si., M.Cs., Ph.D, dan Dr. Uky Yudatama, S.Si., M.Kom. Selama dua hari, peserta mendapatkan materi yang bermanfaat dan sesi coaching clinic bersama dengan para supervisor yang mendampingi untuk membantu menelaah research concept yang akan dibuat.

Share This

Share this post with your friends!

Share This

Share this post with your friends!

Klik disini!