Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) mengadakan pembekalan wisuda ke 74 dan Virtual Jobfair 2021 pada Rabu (24/3). Kegiatan tersebut menghadirkan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Magelang yang diwakili oleh Nita Budi Astuti, SE sebagai narasumber dan diikuti 51 perusahaan penyedia lowongan kerja.

Drs. Isa Ashari, M.M, Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UNIMMA mengucapkan selamat kepada para calon wisudawan yang telah menyelesaikan studinya di UNIMMA. “Sukses untuk kalian semua dan harus dilanjutkan dengan kesuksesan-kesuksesan berikutnya. Sekarang telah selesai belajar di perguruan tinggi, setelah wisuda nanti akan belajar terjun ke masyarakat, nantinya ilmu yang didapat di masyrakat akan jauh lebih banyak. Masyarakat menunggu kiprah kalian semua untuk bisa menerapkan ilmu yang didapat dari kampus ke masyarakat” tutur Isa.

Sementara itu, M. Tohirin, S.Ag., M.Ag, Wakil Rektor III menyampaikan harapannya agar kegiatan tersebut dapat memberi kemudahan dan kebahagiaan untuk peserta yang sedang membutuhkan informasi seputar dunia kerja. “Melalui pembekalan ini, banyak peluang yang disampaikan oleh perusahaan-perusahaan yang membuka lowongan kerja sehingga bisa memberikan informasi terbaik untuk para wisudawan,” ujar WR III.

Tohirin menambahkan, mahasiswa UNIMMA sudah memiliki bekal diantaranya adalah softskill yang dapat membantu bersaing dengan lulusan Perguruan Tinggi lain. “Saya yakin sumber daya manusia UNIMMA berkualitas karena di dunia kerja tidak hanya dibutuhkan hardskill namun softskill merupakan bagian terpenting bagi alumni dalam bekerja”, imbuhnya.

Dalam pemaparannya, Nita menjelaskan langkah-langkah yang perlu disiapkan dalam memasuki dunia kerja, seperti fokus dengan tujuan, bekali diri dengan suplemen pendidikan seperti sertifikat kompetensi, sertifikat magang/pengalaman kerja, sertifikat pelatihan dan sertifikat lain yang mendukung serta perilaku/ attitude yang baik. “Siapkan lamaran kerja untuk menghadapi test (psikotest, wawancara, potensi akademik dll). Terakhir berikan yang terbaik dari diri anda, realistis dan ambil setiap kesempatan dan terus berusaha dan berdoa” pungkas Nita.

Kegiatan diakhiri dengan presentasi masing-masing perusahaan penyedia lowongan kerja yang mengikuti virtual jobfair.

Share This

Share this post with your friends!

Share This

Share this post with your friends!